Senin, 01 Februari 2021

Perbandingan Website atau Blogger, Mana yang Terbaik ?

Posted by Bocah Kakanakan on Senin, 01 Februari 2021

Dengan semakin berkembangnya zaman, membuat banyak sekali cara dalam menceritakan sebuah kisah perjalanan, hasil karya, atau berbagi informasi. Salah satunya adalah menumpahnya dengan membuat blog. Bahkan tidak ada batasan, siapapun bisa membuatnya. Kemudian apabila kamu masih pemula dalam dunia blogging, kemungkinan akan kesulitan dalam mengaksesnya. Bahkan hal ini dipersulit dengan semakin banyaknya pilihan pada platform blogging.

 

Pada dasarnya, kamu bisa memilih sesuai keinginan dalam membuat sebuah blog. Namun selain mudah, kamu harus memperhatikan sisi yang lainnya juga. Salah satunya adalah platform baru akan membuat pengguna kebingungan. Sebab, sebelumnya belum mengetahui software ana yang tepat.
Kia tahu bahwa terdapat dua tool populer dari sekian banyak platform blogging, yakni Website dan Blogger. Kemudian diantara kedua tool tersebut, mana yang lebih baik ? simak perbandingan selengkapnya.


Perbandingan Website atau Blogger
Dalam membandingkan mana platform yang tepat, terdapat beberapa hal harus kamu ketahui. Sebelum pada akhirnya mempertimbangkan untuk memilih diantara keduannya.
1. Biaya
•    Blogspot
Platform Blogger disebut mempunyai keunggulan yang benar-benar mudah. Sebab, siapapun bisa menggunakan platform ini secara gratis. Namun jika kamu mendaftarkan sebuah domain atau hosting, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 10 dollar US. 


•    Website
Sebenarnya tool dari website adalah WordPress yang juga bisa digunakan sebagai blog gratis, namun menggunaka sub domain. Sama halnya dengan blogger, apabila kamu ingin domain dengan nama sendiri, maka harus membayar sebesar 10 US dollar.  Kemudian dalam memilih hosting website sebagai media agar website anda bisa diakses di internet. Kamu bisa mendapatkannya di www.domainesia.com/hosting.  


2. Cara memulai
•    Blogspot
Apabila kamu mempunyai akun Gmail, maka dalam memulai blogger tidaklah sulit. Kamu hanya perlu masuk ke platform Blogspot dan mendaftarkan akun Gmail, lalu selesai. Bahkan kemudahan lainnya adalah, kamu bisa mengelola banyak blog hanya dengan satu akun saja.


•    Website
Apabila ingin menggunakan Wordpress, maka yang kamu gunakan adalah sub domain Wordpress. Caranya juga cukup mudah, kamu kunjungi wordpress.com dan lakukan registrasi. Kemudian apabila ingin menggunakan WordPress berbayar, maka kamu harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk mendaftarkan nama domain dan hosting. Baru kemudian kamu bisa mengaksesnya sebagai website.


3. Performa
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik terkait dengan performa website. Pertama ada rata-rata waktu dan kecepatan :
a)    Rata-rata, berapa lama waktu yang dibutuhkkan oleh blog ketika loading ?
b)    Seberapa cepat backend dalam sebuah situs?


Sebenarnya terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi performa baik website atau blogger. Salah satu contohnya adalah ketika kamu mengupload gambar dengan ukuran besar. Kemudian ukuran gambar yang tidak dikompres tersebut menyebabkan loading menjadi semakin lambat. 


•    Blogger
Terkait dengan performa, tool Blogger sudah tiada duannya. Sebab, platform tersebut didukung oleh Google. Bahkan banyak para blogger berpengalaman, menyatakan bahwa tidak ada masalah dengan waktu loading. Sebab, Blogger sendiri menggunakan desain yang simpel. Mungkin karena hal tersebut, performa Blogger kerap tidak masalah.


•    Website
Sebenarnya, Wordpress mempunyai waktu loading yang cukup cepat. Namun dikarenakan yang dibandingkan merupakan platform Wordpress self hosted, sehingga performa website bergantung pada provider hosting yang dipilih.


3. Keamanan
Memang sangat menyenangkan apabila kamu sudah bisa membuat atau bahkan mengelola blog atau website sendiri. Akan tetapi, kesenangan tersebut akan dihadapkan sebuah masalah besar. Masalah tersebut adalah pada keamanan.


Blogger
Tidak hanya pada performa saja, keunggulan lain pada Blogger adalah dari sisi keamanan. Sebab, Blogger didukung penuh oleh Google. Sehingga, Blogger anda sudah di support oleh Google beserta keamanan yang ketat. Sehingga tidak perlu diragukan lagi keamanannya. 


Namun yang menjadi masalah besar bagi para blogger adalah pada pengaturan kemanan yang default ini tidak dapat diubah. Hal ini dikarenakan kamu menggunakan closed platform atau platform yang tertutup.


WordPress
Sudah bukan rahasia lagi apabila dunia website yang notabene berasal dari Wordpree menjadi incaran para hackers. Hal ini dikarenakan Wordpress merupakan platform yang open source. 


Beruntung masih ada CMS yang bisa membuat para pengguna bisa melindungi websitenya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah provider web hosting yang menawarkan modul keamanan terbaik dan bahkan tidak bisa diretas oleh tangan-tangan jahil. Kamu bisa mendapatkannya di link www.domainesia.com/hosting.

Newest
You are reading the newest post